Cara Memilih Mimis Senapan Angin

Cara Memilih Mimis Senapan Angin

Apa itu mimis? Mimis merupakan peluru untuk senapan angin. Mimis bisa ditembakkan melalui laras dengan manfaatkan tekanan angin. Biasanya mimis ini terbuat dari bahan timah yang terdiri dari 3 bagian diantaranya yaitu kepala mimis, pinggang dan rok.

Desain mimis ini mirip seperti kok bulutangkis. Sedangkan kepala mimis memiliki bahan yang cukup berat, dimana memiliki bentuk yang solid. Bagian rok yang memiliki fungsi untuk penangkap angin saat ditembakkan. Berbagai macam cara memilih mimis senapan angin yang bagus dan memiliki kualitas maksimal saat penembakan.

Ternyata mimis juga memiliki berbagai jenis yang sudah diizinkan dan sangat umum digunakan untuk berburu. Jenis tersebut yaitu mimis berkaliber 4,5 mm yang sangat umum diterapkan dalam senapan angin tersebut. Perlu anda perhatikan bahwa mimis yang cukup ringan dan beratnya kurang dari 10 gram maka tidak disarankan untuk senapan yang memiliki kecepatan tinggi diatas 800 fps.

Baca Juga : Mimis Jawara gr 12

Kenapa? Karena kecepatan tinggi bisa sebabkan mimis yang ringan tersebut alami perubahan bentuk diudara dan sebabkan kecepatan tidak stabil. Diketahui juga bahwa ternyata di Indonesia terdapat 2 jenis mimis yang boleh beredar secara umum. Mimis tersebut yaitu mimis impor dan mimis lokal.

Mimis Lokal

Berbedakah mimis impor dan mimis lokal? Ternyata keduanya memiliki perbedaan pada kualitas dan finishing. Mimis impor memiliki cetakan dengan mesin modern yang terdapat teknologi tinggi yang mampu hasilkan mimis berbentuk cukup halus dan sempurna. Tidak hanya itu saja, sebelum proses packing maka mimis impor sudah dilakukan uji kopntrol kualitas dan sangat ketat.

Sedangkan untuk mimis lokal yang berbahan dari timah dan digunakan kurang memiliki kualitas baik dan tidak terdapat lapisan pelindung korasi atau karat. Ternyata pembuatan mimis lokal ini dilakukan dengan dua cara yaitu dengan cord an roll. Meskipun demikian ada kelebihan yang terdapat dalam mimis lokal yaitu dari segi harga cukup terjangkau. Mimis lokal juga terdapat kekurangan diamana dalam satu kotak biasanya bentuk mimis ada yang tidak sama. Nah, kini terdapat cara memilih mimis senapan angin.

Cara Memilih Mimis Senapan Angin

Pertama, anda bisa pilih mimis dengan sesuai kebutuhan anda.

Kedua, bila anda beli senapan, maka disarankan menggunakan mimis impor untuk zeroing visir atau teleskop.

Ketiga, terkadang laras senapan angin baru akan mengalami inreyendengan kurang lebih pada 100 sampai 500 tembakan. Oleh karena itu jangan sampai anda mengganti mimis sebelum melewati batas ini.

Keempat, bila sudah melewati tembakan tersebut maka boleh menggunakan mimis lokal yang memiliki kualitas bagus dengan bentuk yang seragam, jadi anda tidak perlu memilah-milah kalau ada bentuk yang berbeda.

Kelima, sangat penting untuk anda menghindari mimis yang sudah berjamur atau karatan.

Baca Juga : Mimis untuk Senapan Gejluk

Keenam, jika dimungkinkan gunakan pell-size untuk seragamkan bentuk mimis anda. Dimana pell-size ini yang memiliki fungsi untuk memotong timah terlebih pada mimis dan membuat tampilan lebih halus.

Ketujuh, bila senapan yang digunakan tidak memiliki power besar semisal gejluk atau pcp maka cukup menghindari mimis dengan jenis rok yang lebar semisal JSB Exact atau H&N Rabbit Magnum. Sedangkan mimis dengan bobot diatas 10 gram semisal Samyang atau Black Sniper.

Demikian ulasan tentang cara memilih mimis senapan angin yang bisa anda gunakan untuk refrensi memilih mimis yang baik dan benar untuk senapan angin anda.

Jangan Lupa Dishare ya!

2 komentar untuk “Cara Memilih Mimis Senapan Angin”

  1. Ping-kembali: Trik Mengundang Hewan Buruan Agar Datang - Pengrajin Senapan Angin Indonesia

  2. Ping-kembali: Apa Saja Perlengkapan Saat Berburu? - Pengrajin Senapan Angin Indonesia

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *