Cara Mengganti Reticle Teleskop

Cara Mengganti Reticle Teleskop

Cara Mengganti Reticle Teleskop – Teleskop merupakan benda yang paling sering  dibutuhkan pada saat berburu. Kenapa? Karena pada saat berburu membutuhkan alat untuk mendekatkan penglihatan dari kejauhan pada sasarannya. Oleh karena itu sering kali senapan angin juga menerapkan teleskop pada senajata tersebut.

Dalam teleskop terdapat reticle yang memiliki bentuk benda tipis yang mampu berikan efek. Lantas jenis reticle terdapat 2 bagian yaitu pertama Reticle Glass dimana terbuat dari kepingan kaca, garis bidik (cross) digrafis diatas keeping kaca tersebut. ternyata Reticle Glass merupakan tipe lama dan merupakan jenis paling tua.

Baca Juga : Toko Perlengkapan Berburu

Sedangkan untuk jenis kedua yaitu Reticle Crosshair yang diambil istilah ini karena garis bidik terbuat dari bahan super halus dan hampir sama dengan rambut yang memiliki bahasa inggris “Hair”. Oleh karena itu memiliki nama Reticle Crosshair.

Tidak hanya itu saja, ternyata reticle crosshair memiliki beragam bahan yang telah diterapkan diantaranya yaitu  Film reticle, metal filament dan needle crosshair. Lantas apa saja penjelasan dari masing-masing jenis tersebut?

Jenis Reticle Crosshair

Needle Crosshair

Jenis ini memiliki bahan dari logam yang sangat mirip dengan jarum halus dan sangat kaku serta keras. Diketahui bahwa untuk jenis ini tidak akan putus karena terbuat dari logam keras. Pada umumnya jenis ini digunakan untuk germany reticle.

Metal Filament

Pada jenis ini memiliki bahan filament logam dan terdapat jenis agak kaku dan terkadang mudah putus jika terkena korosi dan recoil.

Film Reticle

Diketahui bahwa bahan dari jenis ini terdapat polymer atau nylon halus, pada type ini juga memiliki kwalitas sangat baik untuk segi kelenturan atau cukup fleksible serta tidak mudah putus kalau sudah lama atau recoil pada senapan. Lantas bagaimana jika reticle teleskop putus?

Cara Mengganti Reticle Teleskop

Pertama, siapkan bahannya bisa menggunakan kabel super tipis yang terkadang diambil dari earphone dan dipotong lalu diambil serabut kabel paling tipis didalamnya.

Kedua, setelah itu pastikan ukuran sesuai dengan teleskopnya. Selain itu juga siapkan “Lem G” yang biasanya digunakan untuk lem sepatu. Dimana lem tersebut super lengket dan pastikan anda membeli yang asli.

Ketiga, mulai memasang kabel dan terapkan lem G pada kabel yang sudah diatur sesuai bentuk reticlenya. Jika sudah maka bisa ditutup kembali dan diposisikan seperti semula. Cara ini memang cukup sederhana dikala darurat.

Baca Juga : Spesifikasi Harga Bramasta

Ketahuilah bahwa dari masing-masing jenis reticle memiliki kelebihan dan kelemehan masing-masing. Apa saja kelebihan dari glass reticle serta kelemahannya.

Kelebihan Glass Reticle

Jenis ini memiliki garis cukup tipis dan halus, garis bidik tidak berupa material tapi hanya garis yang telah ditulis pada sekeping kaca tersebut.

Kelemahan Glass Reticle

Pada jenis ini sangat rentan dan sangat mudah berjamur, apalagi kalau sering digunakan malam hari dan terkena air atau pada udara yang lembab. Disini nantinya akan menghalangi p[andangan bila keeping reticle sudah mengalami penjamuran.

Sedangkan untuk jenis Reticle Crosshair jugasterdapat kelebihan dan kelemahan.apas saja?

Kelebihan Reticle Crosshair

Tidak menghalangi view dan tidak mungkin terjadi sebuah penjamuran pada reticle.

Selain itu jenis ini memiliki kejernihan yang melebihi jenis glass, karena antara lensa tidak terhalang keeping kaca reticle.

Kelemahan Reticle Crosshair

Jenis ini rentan akan putus bila tersentuh tangan atau benda lain, lantaran pada tipe ini memang hampir sama rentannya dengan filament bola lampu listrik.

Jangan Lupa Dishare ya!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *