Membuat Senapan Angin

Senapan angin merupakan salah satu sarana olahraga yang memiliki banyak peminat. Olahraga menembak dengan menggunakan senapan angin sering dijadikan momen saat perayaan ulang tahun Tentara Nasional Indonesia. Selain itu olahraga menembak juga diperlombakan antar negara. Memang membuat senapan angin bukanlah hal yang mudah, tetapi juga tidak sulit untuk mempelajari proses membuat senapan angin jika dilakukan dengan bersungguh – sungguh.

Chat Via WhatsApp

Banyak proses yang harus dilakukan saat membuat senapan angin. Mulai dari pemilihan bahan baku sampai pengerjaan bahan baku yang harus dilakukan dengan presisi. Bahan baku mesin senapan angin umumnya menggunakan pipa kuningan. Ukuran pipa kuningan bervariasi, mulai dari od16, od19, od22 dan od25. Tentu semakin besar diameter pipa akan semakin besar kapasitas udara yang disimpan. Penggunaan tabung senapan angin jenis sharp pompa tangan umumnya menggunakan pipa kuningan ukuran od22 dan od25. Sedangkan penggunaan tabung senapan angin jenis gejluk dan PCP umumnya menggunakan pipa kuningan od16, od19, od22 dan od25. Sebenarnya penggunaan tabung tidak terikat dengan ukuran tersebut karena jika menggunakan bahan lain tentu dapat disesuaikan dengan ukuran yang diinginkan.

Setelah pemilihan bahan, proses pembuatan senapan angin selanjutnya adalah pengolahan bahan. Pada proses pengolahan bahan harus dikerjakan dengan presisi dan teliti. Pasalnya jika ada kesalahan potong maupun bor tentu akan mempengaruhi kualitas senapan angin. Terlebih dari itu, jika kesalahan pengerjaan fatal tentu akan membuang material yang telah dipotong. Selain proses pemotongan dan bor, proses perakitan komponen senapan angin dilakukan dengan patri. Proses ini melibatkan beberapa alat khusus sebagai pemanas timah dan sebagai perekat sambungan. Untuk melihat proses perakitan senapan angin silahkan lihat di halaman ini.

Chat Via WhatsApp

Jika proses pembuatan mesin senapan angin selesai barulah melanjutkan tahap pembuatan popor. Popor adalah komponen senapan angin yang penting. Pasalnya dengan popor kita dapat merasakan kenyamanan dalam menembak. Bahan baku popor umumnya menggunakan bahan dari kayu mahoni. Karena selain ringan kayu ini memiliki karakter yang ulet, sehingga sangat cocok digunakan sebagai popor senapan angin.