Tips Mencegah Bocor Pada Tabung Senapan

Tips Mencegah Bocor Pada Tabung Senapan

Tips mencegah bocor pada tabung senapan yang memang sering kali dialami oleh para bediler. Ketahuilah untuk prinsip kerja senapan angin yang memang sangat sederhana, namun juga terkadang gampang-gampang susah untuk perawatannya. Kinerja dari senapan yaitu angin di pompa dan dimempatkan disebuah tabung. Tetapi memang sering kari terjadi kasus bocornya tabung senapan angin.

Baca Juga : Jual Senapan Angin di Kabupaten Kepulauan Yapen

Tanda-Tanda Kebocoran Pada Tabung Senapan Angin

Tabung yang sudah terlanjut bocor maka akibatkan senapan tidak memiliki fungsi dengan normal. Adapun berbagai macam gejala dari bocornya tabung senapan angin yang sangat bervariasi, sebagai berikut.

  • Saat dipompa angin bisa masuk tetapi untuk beberapa menit nanti akan habis secara mendadak
  • Ketika dipompa terdapat suara brebet dari ujung laras tabung yang tidak mau simpan angin.
  • Tidak ada suara apa-apa saat dimpompa dan angin langsung keluar dari ujung laras.
  • Adapun suara seperti angin bocor saat dipompa.

Berbagai masalah diatas memang sangat sering terjadi, lantaran tabung senapan sudah memiliki umur cukup tua dan ada beberapa faktor lain diantaranya.

  • Pentil penahan angin dari tabung sudah rusak
  • Pada besi L yang digunakan untuk membuka katup tak lagi keluar, karena pin dalam tidak kembali secara sempurna.
  • Seal pada tabung sudah robek jadi angin bisa mrembes dan tidak masuk sempurna ke tabung.
  • Adapun seal karet untuk senapan tidak lagi lentur atau bantat, jadi harus diganti.

Tips Mencegah Bocor Pada Tabung Senapan

Bila anda ingin mencegah terjadinya kebocoran yang fatal pada saat anda ingin melakukan pemburuan. Maka setiap saat anda cek semua komponen dalam senapan tersebut. jadi, meskipun anda tidak ingin berburu maka wajib dicek berkala untuk menghindari terjadinya kerusakan komponen pada senapan angin tersebut. Selanjutnya anda bisa baca bagaimana cara mengatasi tabung bocor.

  • Pertama yang harus anda lakukan yaitu mengkosongkan angin pada tabung senapan tersebut. Selain itu juga pastikan tekanan angin memang benar-benar sudah habis sebelum dilakukan pembongkaran. Kalau tidak dikosongkan atau masih ada sisa angin dalam tabung, maka ditakutkan saat dibongkar akan meledak dan terlempar.
  • Kedua, lepaskan popor dari senapan angin supaya lebih mudah untuk bongkar tabung angin tersebut. caranya anda bisa lepaskan pelindung picu di bagian popor dengan gunakan kunci 12. Kemudian kalau sudah lepas popor dan plat seng yang digunakan untuk pengganjal batang tabung, hal ini menggunakan obeng (-). Setelah itu baut menjadi pengunci popor dilapas dan juga pengunci tabung dan box receiver.
  • Ketiga lakukan pelepasan batang tabung, dimana anda bisa membuka baut pengunci yang sudah menjadi titip dengan cara putar kearah berlawanan dengan jarum jam. Kalau sudah terbuka maka lanjut pompa senapan beberapa kali sampai tabung bisa keluar. Ketika tabung sudah mulai menonjol keluar maka bisa ditarik secara manual dan lakukan dengan hati-hati.
  • Keempat langkah ini digunakan untuk ganti seal karet, jika sudah maka anda bisa masukkan tabung angin secara perlahan dan posisikan secara tepat.

Baca Juga : Jual Senapan Angin di Kabupaten Teluk Wondama

Selanjutnya:

  • Kelima, perhatikan saat mengatasi bocornya senapan angin merupakan berikan pelumas yang cukup. Kalau anda menerapkan pelumas terlalu banyak maka debu akan menempel pada senapan angin. Pelumas yang bagus yaitu singer oil atau white oil supaya debu tidak dapat mudah melekat di komponen senapan angin tersebut.
  • Terakhir kalau sudah semua maka pasang seperti semula bagian-bagian yang sudah anda lepas tadi. Perhatian setiap detailnya supaya tidak salah dalam memasang komponen senapan angin.

Semoga informasi tentang tips mencegah bocor pada tabung senapan bisa menjadi refrensi dalam pembenahan kebocoran tabung senapan. Bila anda tidak memiliki alat yang memadai maka cukup bawa ke pengrajin senapan angin.

Jangan Lupa Dishare ya!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Untuk pemesanan silahkan chat WA 0813-3397-6224
× 0812-3139-4795